Membangun Masa Depan yang Lebih Baik: Inisiatif Keberagaman dan Inklusi di PT Jaya Obayashi

Pada tanggal 7 September 2023, Mrs. Kishida Yuko, Istri Perdana Menteri Jepang, berkunjung ke Jakarta, untuk menghadiri pertemuan KTT ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) ke-43. Mrs. Kishida mengunjungi PT Jaya Obayashi dan bertukar pandangan dengan perwakilan perusahaan mengenai komitmen berkelanjutan PT Jaya Obayashi terhadap inisiatif Keberagaman dan Inklusi (D&I) yang telah diimplementasikan dan terus berkembang di seluruh bisnis.

PT Jaya Obayashi, anak perusahaan Obayashi Corporation, sebuah perusahaan kontraktor umum Jepang yang telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 50 tahun, Mrs. Kishida mendapatkan pengarahan dari Mr. Koichiro Minami (Presiden Direktur PT Jaya Obayashi) mengenai serangkaian proyek yang telah berhasil diselesaikan oleh perusahaan.

1966 -Sarinah, pusat perbelanjaan pertama di Indonesia

1972 -Sari Pan Pacific Hotel, simbol betapa mesranya hubungan diplomatik dan bisnis Jepang-Indonesia pada saat itu

2019 -Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 1 Lebak Bulus – Bundaran HI

2019 – Rekayasa dan Pengiriman Pusat Data, terlibat dalam 7 DC di Indonesia hingga saat ini, diakui sebagai salah satu penyedia Turnkey terkemuka di pasar untuk Pusat Data Skala Besar.

PT Jaya Obayashi secara aktif mempromosikan inisiatif keberagaman.

Pada bulan Februari 2023, Jaya Obayashi menjadi perusahaan kedua di Indonesia dan yang pertama di Industri Konstruksi yang dianugerahi ISO 30415, sebuah standar internasional tentang manajemen sumber daya manusia-keberagaman dan inklusi untuk mendorong organisasi memperkuat bisnis mereka melalui penggunaan berbagai sumber daya manusia.

Jaya Obayashi diakui karena mempekerjakan penyandang disabilitas di kafe internal perusahaan dan menyediakan fasilitas khusus untuk ibu menyusui.

Mr. Koichiro Minami memberikan pengarahan kepada Mrs. Kishida tentang pencapaian Jaya Obayashi.
Mr. Kinya Sunagawa memberikan pengarahan kepada Mrs. Kishida tentang komitmen Jaya Obayashi terhadap keragaman dan inklusi.

PT Jaya Obayashi memahami bahwa mempromosikan keterlibatan dan pemberdayaan perempuan dalam industri konstruksi merupakan aspek penting dari inisiatif keberagaman dan inklusi. Sejalan dengan Undang-Undang Jepang tentang Promosi Partisipasi dan Kemajuan Perempuan di Tempat Kerja, salah satu program pemerintah Jepang, perusahaan telah menetapkan rencana aksi yang akan diimplementasikan di seluruh jaringan global perusahaan. PT Jaya Obayashi tidak hanya menerapkan praktik perekrutan dan perekrutan yang tidak bias, tetapi juga secara aktif mendorong karyawan perempuan untuk mengambil peran utama dan menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi perempuan untuk berkembang, baik di kantor maupun di lokasi konstruksi.

Credit by Cabinet Public Affairs Office
Credit by Cabinet Public Affairs Office

Mrs. Rina Ambarwati, HR & GA Manager PT Jaya Obayashi, menjelaskan bahwa perusahaan telah melakukan tindakan nyata untuk menunjukkan komitmen perusahaan terhadap D&I, salah satunya dengan menyediakan ruang laktasi di lingkungan kantor pusat untuk karyawan perempuan. Ruang laktasi adalah ruang pribadi di mana para ibu yang bekerja dapat memerah ASI selama jam kerja dengan nyaman. Ruang ini menyediakan lingkungan yang tenang, bersih, dan aman, dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat duduk yang nyaman, stopkontak untuk pompa ASI, fasilitas pendingin untuk menyimpan ASI perah, dan bahkan sumber daya informasi yang berkaitan dengan menyusui. Dengan menyediakan akomodasi ini, PT Jaya Obayashi berharap karyawan perempuan dapat bekerja secara produktif tanpa harus merasa bahwa mereka harus memilih antara karier dan pengasuhan anak.

Dalam perjalanan menuju Ruang Laktasi
Di Ruang Laktasi
Mrs. Kishida diperkenalkan dengan Nadhif, salah satu pegawai PT Jaya Obayashi dengan autisme yang saat ini bekerja sebagai barista di kantor.
Mrs. Kishida diperlihatkan karya seni yang dibuat oleh individu dengan autisme yang saat ini dipamerkan di ruang tunggu kantor perusahaan.

PT Jaya Obayashi percaya bahwa penyandang autisme dapat menjadi sangat produktif dan sukses dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pekerjaan, pendidikan, dan kegiatan pribadi. Perusahaan telah mempertimbangkan tantangan khusus yang berkaitan dengan interaksi sosial, komunikasi, atau kepekaan sensorik, tantangan ini sering kali dapat dikelola dengan ruang khusus untuk menenangkan diri serta dukungan dan pemahaman dari staf terlatih dalam tim. Perusahaan secara aktif mempromosikan untuk menumbuhkan lingkungan yang inklusif dan suportif yang memungkinkan individu dengan autisme untuk berkembang dan memanfaatkan bakat mereka secara maksimal.

Inisiatif keberagaman dan inklusi di PT Jaya Obayashi bukan hanya tentang memenuhi persyaratan hukum; tetapi juga tentang menciptakan industri yang lebih adil, inovatif, dan sukses. Memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan penyandang disabilitas merupakan langkah penting untuk membangun tenaga kerja yang mencerminkan komunitas yang lebih luas dan merangkul bakat dan kemampuan semua anggotanya. Dengan membina D&I, PT Jaya Obayashi percaya bahwa hal ini dapat membuka jalan bagi masa depan yang lebih cerah dan lebih inklusif untuk industri konstruksi.

Share

Berita Terkait

SELAMAT ULANG TAHUN KE-52 PT. JAYA OBAYASHI

PENCETAK SEJARAH 28 JANUARI 1972 – 24 JANUARI 2024. SELAMAT ULANG TAHUN KE-52 PT. JAYA…

SELENGKAPNYA

Membangun Masa Depan yang Lebih Baik: Inisiatif Keberagaman dan Inklusi di PT Jaya Obayashi

Pada tanggal 7 September 2023, Mrs. Kishida Yuko, Istri Perdana Menteri Jepang, berkunjung ke Jakarta,…

SELENGKAPNYA

HUT RI ke 78 : Bergerak Bersama, Tumbuh Lebih Kuat

Memperingati proklamasi kemerdekaan Indonesia sejak 17 Agustus 1945, kini Indonesia telah menyongsong hari jadinya yang…

SELENGKAPNYA